Google

Monday, June 11, 2007

'Fantasi Biru', Patah Hati Bertelur Virus Komputer

Ni Ketut Susrini - detikInet-----> link

Seperti halnya virus-virus serupa yang muncul karena patah hati, virus yang paling baru beredar adalah 'Fantasi Biru'. Virus ini menyebar cukup luas dan banyak dikeluhkan netter Indonesia. Waspadalah!

Perusahaan antivirus PT Vaksincom menilai virus ini tidak terlalu jahat, karena yang dilakukannya "hanya" menyembunyikan file/folder di komputer korban. Untuk mengelabui user ia akan membuat file duplikat sesuai dengan folder yang disembunyikan.

Aksi tersebut berbeda dengan virus Banjir (W32/PoisonIvy.NQ) yang beredar sebelumnya. Virus Banjir tega menghapus file dan menghancurkan data.

Alfons Tanujaya, spesialis antivirus PT Vaksincom mengungkap Fantasi Biru menyebar luas di Indonesia dengan penyebaran yang cukup merata. Virus ini berukuran 40 KB, dengan ciri khas menampilkan pesan dengan header "81u3f4nt45y - 24.01.2007 - Surabaya".

"Virus ini akan mengelabui korbannya dengan memalsukan dirinya sebagai icon folder dan memiliki kemampuan autorun (berjalan otomatis)," kata Alfons dalam keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Senin (26/3/2007). "Virus ini menginfeksi komputer jika Anda mencolokkan UFD (USB Flash Disk) yang sudah terinfeksi," imbuhnya.

Dari pesan yang ditampilkan, virus ini mengaku berasal dari Surabaya. Pesan akan muncul setiap kali komputer login. Berikut isi pesan tersebut:

Surabaya in my birthday
Don't kill me, i'm just send message from your computer
Terima kasih telah menemaniku walaupun hanya sesaat, tapi bagiku sangat berarti
Maafkan jika kebahagiaan yang kuminta adalah teman sepanjang hidupku Seharusnya aku mengerti bahwa keberadaanku bukanlah disisimu, hanyalah lamunan dalam sesal
Untuk kekasih yang tak kan pernah kumiliki 3r1k1m0
(nks/nks)

No comments:

Google